Listrik Masuk Tanjung Dulang 
PLTS Segera Dibangun

BOROKO - Kabar gembira bagi warga Desa Solo (Tanjung Dulang) Kecamatan Kaidipang. Setelah penantian cukup panjang, jaringan listrik yang diidam-idamkan, akhirnya akan segera dibangun.

"Janji pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) akan memprioritaskan Tanjung Dulang, agar disediakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), segera direalisasikan, kemarin (18/3) tim dari Kementrian PDT telah melakukan survey terkait pembangunan PLTS," tegas Asisten II Drs Asripan Nani MSi.


Eko Paendong, staf dari Kementrian PDT mengatakan, setelah dilakukan survey, Tanjung Dulang memenuhi segala kriteria yang disyaratkan untuk pembangunan PLTS, antara lain, tidak ada jalan darat (harus via laut), kondisi desa masih sangat sederhana, dan terpenting di desa tersebut, tersimpan prospek ekonomi yang cukup besar, tapi terkendala dengan jaringan listrik.

"Setelah kami survey, diprediksikan 25 tahun ke depan desa tersebut tidak bisa dimasuki jaringan listrik dengan tenaga Diesel," ungkapnya. 
Dikatakannya, pembangunan PLTS sementara dalam proses tender di Jakarta, dengan sumber dana APBN 2008. Direncanakan setelah proses tender selesai, Juni 2008 ini akan segera dibangun. Khusus Tanjung Dulang akan dibangun 40 unit, dimana masing-masing rumah terdiri dari 2 mata lampu, dengan satu stop kontak.

"Setelah disurvey, kebutuhan listrik di Tanjung Dulang sudah mendesak, karena potensi ekonomi sangat tinggi untuk dikembangkan," pungkasnya. (usa)

Sumber: http://www.mdopost.com/

0 comments: