Raksasa, akhirnya dilantik


HRM: Ini Tonggak Sejarah Baru Bolmut

Setelah dua pekan dipenuhi tanda tanya, Asisten III Pemkab Bolmong, Drs Raksasa Mamonto akhirnya dilantik sebagai Pnj Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Utara.

Pelantikan dipimpin langsung Bupati Bolmong Utara, Drs HR Makagansa, di Aula Kantor Bupati, Selasa (17/07) kemarin. Makagansa mengatakan dilantiknya Raksasa Mamonto merupakan tonggak sejarah baru bagi Kabupaten Bolmut.
 


Pelantikan Raksasa didasarkan pada Surat Keputusan Gubernur Sulut Nomor 281.2/1656/Sekretariat, tertanggal 3 Juli 2007. Hebatnya, prosesi pelantikan yang meski dilangsungkan di tempat yang sederhana, namun berjalan aman dan sukses. Tak ada resistensi, bahkan tak pernah ada gerutu kecil sekalipun dari para hadirin, termasuk para tokoh masyarakat Bolmut yang menyaksikan acara pelantikan itu. 


Raksasa sendiri tetap menerima tugas baru itu dengan senang hati. Bahkan sebelum dilantik, ia beberapa kali menyatakan siap menerima penuga-san di manapun, selagi diperintahkan pimpinan. Di sisi lain, Bupati Makagansa dalam sambutannya usai pelantikan menyampaikan, pelantikan Sekda ini merupakan tonggak sejarah baru bagi seluruh ma-syarakat Bolmut. 


“Ini merupakan awal pengabdian Sekda. Dengan berbagai keterbatasan sebagai daerah baru, marilah kita bahu-membahu, dengan tekad dan semangat tinggi, untuk menggapai cita-cita Bolmong Utara, yakni Menuju Masyarakat Yang Sejahtera, Maju dan Mandiri,” ungkap Makagansa. 


Turut hadir dalam pelantikan Raksasa, di antaranya Perwira Penghubung Polres Persiapan Bolmut, Kompol Subagyo Luki Sujono, perwakilan Korem 131 Santiago Kapten Inf Supardi, Ketua KPUD Bol-mong, Holid Makalalag, para pejabat eselon II dan III yang telah dilantik duluan di lingkup Pemkab Bolmut, serta para tokoh masyarakat Bolmut. 


Tetap Konsultasi 


Seiring dengan dilantiknya Drs Raksasa Mamonto sebagai Pnj Sekda Bolmut, Bupati Bol-mut Drs HR Makagansa berjanji akan melengkapi kabinetnya dengan melantik penjabat eselon III dan IV yang yang masih tersisa. Pelantikan itu sendiri akan dilakukan dalam waktu dekat. Malah ada pre-diksi, kemungkinan dalam pekan ini juga.


“Pengisian jabatan eselon III dan IV yang masih kosong di Bolmut tetap akan dikonsultasikan dengan Pemkab Bol-mong,” tegas Makagansa, usai pelantikan Sekda Bolmut.


Ditambahkan, pihaknya kini telah memiliki Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat) yang otomatis ketuanya adalah Sekda yang baru dilantik. Badan ini nantinya akan bertugas menyelek-si pejabat-pejabat eselon III dan IV yang nantinya akan dilantik, setelah itu dikonsultasikan dengan Pemkab Bolmong.
Dengan bijak pula, Makagansa menekankan bah-wa semua pejabat dari Bolmong yang telah dilantik di Bolmut, termasuk Pnj Sekda sendiri, masih berkewajiban mengemban tugas di daerah asal sebelum ada penggantinya. Makagansa memahami tugas ganda ini, dan tetap mempersilahkan mereka menunaikan tugas-tugas di Bolmong.(tus/*)

Sumber: http://www.hariankomentar.com/arsip/arsip_2007/jul_18/lkBolmong001.html

0 comments: