Pelimpahan PNS ke KK dan Bolmut Kurang Jelas

Janji Pemkab Bolmong sebagaimana disampaikan Sekda Ir Ferry Sugeha untuk segera melimpahkan PNS di KK dan Bolmut, sampai kini tak kunjung terealisasi. Ada yang menyebut proses pelimpahan itu KJ alias kurang jelas, dan telah berakibat pincangnya pemerintahan di dua daerah ini.


Akibat lainnya, para pejabat eselon II, III dan IV yang dilantik di Pemkot KK dan Pemkab Bol-mut selama dua bulan terkahir, terpaksa harus bekerja sendiri-an tanpa dibantu anak buah. 

“Ini baru lucu, para pejabat ter-paksa menyelesaikan pekerja-an-pekerjaan kecil yang harus-nya ditangani staf saja,” celetuk seorang PNS di KK.


Ada juga yang melihat persoa-lan ketiadaan staf di semua in-stansi di KK dan Bolmong Uta-ra, sebagai satu hal yang meng-gelitik. Soalnya, setiap instansi hanya ada kepalanya saja, dan tak satupun anak buah.

“Jadi nimbole mo baku suruh, sama-sama kapala no," celetuk seorang warga.


Sedangkan Ketua LSM Surya Madani, Sehan Ambaru, menilai persoalan yang dihadapi Pem-kot KK dan Pemkab Bolmong Utara saat ini merupakan satu kecerobohan dari Pemkab Bolmong. Berakibat kedua daerah pemekaran ini tidak dapat menjalankan pemerinta-han yang baik alias good governance.

“Contoh kecil dapat dilihat di Pemkot KK, di mana beberapa pejabatnya masih merangkap jabatan. Salah satunya adalah Kabag Humas Drs Roy Bara yang masih rangkap jabatan sebagai Camat Kotamobagu Barat.  Rangkap jabatan ini tentu akan menyulitkan dia menjalankan tugas-tugas pe-merintahan,” nilai Sehan, sembari menyarankan Pemkab Bolmong segera mengatasi persoalan ini.


Sekda Bolmong sendiri, Ir Hi Ferry Sugeha, belum lama ini telah menyatakan pelimpahan PNS ke Pemkot KK dan Bol-mong Utara akan segera dila-kukan setelah pengisian jabatan yang kosong. Sesuai P3D Bupati Bolmong kepada Penja-bat Walikota KK tiga bulan lalu, Bolmong akan melimpahkan 2001 PNS ke Pemkot KK. Se-dangkan ke Pemkab Bolmut, jumlahnya 1.121 PNS.(tus)

Sumber: http://www.hariankomentar.com/bolmg03.html


0 comments: