Makagansa Irup Peringatan HUT RI di Bolmut

Bangko Baca Teks Proklamasi

Bolmut—Rasa haru dan bahagia tampak menyembul dari upacara memperingati HUT Kemerdekaan ke 62 RI yang digelar secara sederhana di lapangan Kembar Buroko, Bolaang Mongondow Utara, Jumat (17/08/2007) pagi.

Hal itu, terekam dari mimik serta penuturan sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda Bolaang Mongondow Utara, dimana mereka merasa kalau momentum upacara HUT Kemerdekaan RI tersebut adalah awal dari kemandirian daerah otonom baru tersebut. ‘’Meski pelaksanaannya sederhana, tapi masyarakat sangat antusias. Ada rasa haru, bahagia dan bangga merayakan Kemerdekaan RI, pertama bersama masyarakat dan pemerintah otonom Bolmut. Ini awal dari kemandirian daerah ini,’’kata tokoh berpengaruh Bolmut, HD Pontoh yang akrab dengan sapaan Abo Doti.

Hal senada dikatakan tokoh pemuda Bolmut, Alfi Basri. ‘’Momentum ini merupakan sejarah awal Bolmut menapak kemandirian. Insyaallah Bolmut menjadi mandiri,’’ujarnya. Ditambahkannya, walau upacara tersebut dihelat sederhana, tapi itu membuktikan bahwa masyarakat Bolmut sangat menghargai jerih payah perjuangan para pahlawan kemerdekaan RI.

Menariknya, selain penampilan Bupati Bolmut, HR Makagansa sebagai Inspektur Upacara (Irup), pembaca naskah Proklamasi jatuh ke Ketua DPD Partai Golkar (PG) Bolmut, Karel Bangko S.Sos. ‘’Alhamdulillah, mulus dan sukses,’’ucap Bangko yang calon kuat Ketua Dekab Bolmut, usai upacara.

Tampak hadir, para Veteran, Kapolres Persiapan Bolmut, Kompol Subagyo Sujono SE, Sekda Bolmut Drs Raksasa Mamonto, Asisten I, Drs Iqbal Datunsolang, Asissten II Drs Asripan Nani MSi, Kadis Praskim, Ir Farry Liwe serta pejabat lainnya.

Usai upacara dilakukan ziarah dan tabur bunga di Pelabuhan Boroko. Sementara itu, berbagai kegiatan dan lomba dilaksanakan berkaitan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI tersebut di Bolmut, diantaranya Olahraga, Kesenian, Bolmut Idol, Gerak Jalan, Taptu, dan lomba kebersihan.(jd/sk).

Sumber: http://www.bolmong.com/view-article-435.html

0 comments: