PG Tetap Berkuasa di Dekab Bolmut

Enam parpol baru dapat jatah


Dari 20 kursi yang ada di Dekab Bolmut nanti, Partai Golkar yang kini dipimpin Karel Bangko tampaknya masih berkausa. Soalnya Beringin diprediksi akan menyabet delapan kursi. Kabar baik lainnya, sedikitnya ada enam parpol di Dapil Bolmong VIII yang sebelumnya tak dapat kursi di Dekab Bolmong Induk, akan punya wakilnya di Dekab Bolmong Utara (Bolmut).


Enam nama caleg PG dari Dapil Bolmong VIII yang meliputi wila-yah Pantura pada Pemilu legislatif lalu, yakni Selain Karel Bang-ko dan Salma Radjak yang kini duduk di Gedung Kinalang. Em-pat nama lainnya adalah Yus A Pontoh, Ir Suri Rahayu Pasam-buna, Drs Dolha Toliu dan Hi Rasyid A Pontoh BA. 
Enam nama tersebut masih bisa bertambah dua lagi, yakni Ruslan Gonibala dan Pin Kapantouw.

Gonibala yang kini duduk di Dekab Bolmong hampir dipastikan akan berkiprah di Dekab Bolmut meski diusung PG dari Dapil Bolmong VII, mengingat domisilinya di Kecamatan Sangkub kini masuk Bolmong Utara.

“Sedangkan Kapantouw, berpeluang diakomodir karena juga berdomisili di Sangkub, meski dia adalah caleg nomor urut 6 di Dapil Bolmong VII,” kata Karel Bangko.


Selain PG, tiga parpol dari Bolmut yang berhasil mengusung legislator ke Bolmong induk, yakni PPP, PBB dan PDIP, berpeluang ketambahan jatah di Dekab Bolmut. PPP lewat ketuanya Yusuf Mooduto mengklaim mereka akan meraup tiga kursi. Bila diambil sesuai nomor urut pada pencalonan Pemilu legislatif lalu, dua nama dari PPP setelah Salim Bin Abdullah (legislator Bolmong induk) adalah Ferdy Pontoh dan Wahab Lakoro. 
Sedangkan PBB, legislatornya di Bolmong induk yang akan hengkang ke Bolmut, Arfa Buhang, berpeluang punya teman baru yakni Jafar Alamri.

Terakhir, bila saja PDIP berpeluang menyabet dua kursi, maka Christofel Popo Buhang bakal punya rekan baru yakni Nani Riswani Topayu, caleg PDIP nomor urut dua. 
Bila PDIP hanya menyabet satu kursi saja, mengingat peluangnya untuk mendapat satu kursi cukup kecil, maka ada enam parpol yang tak dapat kursi di Dekab Bolmong induk yang berpeluang dapat satu kursi di Dekab Bolmut. Keenam parpol itu adalah PAN, PKPI, PBR, PPD, PKPB dan PPNUI. 


Bila saja parpol yang bersangkutan tetap mengsung caleg yang bernomor urut satu di Dapil Bolmong VIII pada pemilu Legislatif lalu, maka nama-namanya adalah Ulung Tungkagi (PAN), Christine Emma Caroline Wenur SH (PKPI), Ir Baramuli Pontoh (PBR), SHB Potabuga (PPD), Mustafa Alhasni (PKPB) dan Muchtar Lauma (PPNUI).


Analisa peluang tersebut dibuat berdasarkan hasil perolehan suara sah di Pemilu Legislatif 2004 silam, sesuai SK KPU Nomor 80/SK/KPU/Tahun 2004 tertanggal 29 Juli 2004. Bolmut yang masuk di Dapil Bolmong VIII memiliki total suara sah 29.890. Karena jumlah penduduk Bolmut tidak melampau 100 ribu jiwa, maka kursi DPRD hanya berjumlah 20 kursi. 
Olehnya, bilangan pembagi menjadi 1.495, yang merupakan hasil bagi dari jumlah suara sah dengan jumlah kursi. Namun perhitungan tersebut belum termasuk suara dari Kecamatan Sangkub, namun pada pemilu lalu masuk Dapil Bolmong VII.(tus/*)

Sumber: http://www.hariankomentar.com/arsip/arsip_2007/jun_08/OOt003.html

0 comments: