Pascadilantiknya 20 anggota DPRD Bolmut


Tiga dari Empat Tugas Utama Penjabat Bupati Tuntas

Dilantik dan diambil sumpahnya 20 anggota DPRD Bolmong Utara setidaknya memberi kredit poin tersendiri bagi Penjabat Bupati Bolmong Utara, Drs HR Makagansa. Hal ini menjadi catatan sejarah tersendiri, di mana tiga dari empat tugas pokok Makagansa sebagai penjabat bupati tuntas sudah.



Ditemui sejumlah wartawan usai pelantikan 20 anggota DPRD Bolmut di Aula Kantor Bupati Bolmut Jumat (16/11), Makagansa mengaku gembira karena tiga dari empat tugas pokok dia selaku Penjabat Bupati Bolmut, dapat dijalankannya dengan baik.
Menurutnya ada empat agenda penting yang harus dikerjakannya sebagai penjabat bupati. Dan itu terlaksana semua, berkat dukungan masyarakat, jajaran Pemkab Bolmut dan Pemkab Bolmong.


“Tugas pokok pertama adalah pembentukan struktur pemerintahan, disusul tugas kedua yakni pengisian PNS dalam struktur yang baru dibentuk tersebut. Dan hari ini, tugas pokok ketiga baru saja selesai, yaitu pembentukan DPRD Bolmut. Kita pantas bersyukur, karena semua proses berjalan dengan baik tanpa kendala yang berarti,” tutur Makagansa.


Diakuinya juga ada satu tugas penting dan cukup berat di tahun mendatang di mana Pemkab Bolmut dan DPRD Bolmut akan berkonsentrasi pada pesta demokrasi perdana warga Bolmut pascapemekaran dari Pemkab Bolmong.


“Tinggal satu lagi tugas pokok dan cukup berat juga yang akan dirampungkan, yaitu pilkada bupati dan wakil bupati definitif Bolmut. Saya dan seluruh jajaran Pemkab Bolmut berharap, tugas yang terakhir ini akan berjalan sebagaimaan diharapkan. Tentu saja tak bisa lepas dari peran dan partisipasi seluruh elemen masyarakt Bolmut,” imbuhnya.


Seiring dengan peresmian wakil rakyat Jumat kemarin, Makagansa optimis kalau semua agenda pemerintah di pengujung tahun 2007 ini bisa dituntaskan. Terutama yang berhubungan dengan pemba-hasan dan penetapan APBD 2008. 
“Kami sudah menyusun Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta semua kelengkapan dalam pembahasan APBD. Olehnya, setelah Dekab Bolmut menyelesaikan tugas-tugas internal, maka RAPBD sudah bisa disusun dan siap dibahas. Dijadwalkan, paling lambat 23 Desem-ber, APBD Bolmong Utara 2008 sudah dapat disahkan,” ungkap Makagansa optimis.


Selain pembahasan dan pengesahan APBD, Makagansa mengatakan banyak lagi tugas-tugas eksekutif dan legislatif yang perlu diselesaikan tahun ini. Di antaranya pembuatan perda-perda, lambang dan logo daerah sampai pada moto dan lagu daerah. “Semua itu akan ditetapkan bersama-sama dengan dewan, dan mudah-mudahan sudah bisa selesai awal 2008,” kunci dia.(tr-03)

Sumber: http://www.hariankomentar.com/arsip/arsip_2007/nov_17/lkBolmong001.html

0 comments: