Bolmut Resmi Miliki 20 Legislator


Setelah Kabupaten Mitra, kini Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) merampungkan lembaga legislatifnya. 20 personel wakil rakyat di daerah pemekaran baru tersebut, resmi diambil sumpah di Aula Kantor Bupati Bolmut, Jumat (16/11) kemarin. 
20 Anggota DPRD Bolmut ini disahkan lewat Surat Keputusan Gubernur Sulut Nomor 271 Tahun 2007, tertanggal 16 November. SK tersebut dibacakan Sekwan Bolmong Utara, Joubert Moningka di awal acara peresmian, disusul kemudian dengan pengam-bilan sumpah yang dipimpin langsung Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, Achmad Ardianda SH MHum.


Momentum bersejarah bagi Bolmut itu sendiri berlangsung meriah serta dipadati ratusan warga. Sebagian mereka adalah keluarga legislator yang baru diresmikan, sedangkan sebagian lagi datang untuk sekadar menjadi saksi sejarah. Sedangkan dari pemerintah sendiri, dihadiri langsung Penjabat Bupati Bolmut Drs HR Makagansa dan seluruh pejabat di jajarannya, berikut unsur Muspida Kabupaten Bolmong maupun Bolmong Utara. Terlihat pula sejumlah pejabat eselon II dari Pemkab Bolmong seperti Sekwan Hi Sonny Manoppo dan Kadis Infokom Ir Dwi Dharma.


Sementara itu, Gubernur Sulut dalam sambutan yang dibacakan Bupati Makagansa, menyampaikan pesan penting bahwa dengan terbentuknya lembaga legislatif perdana Bolmut, diharapkan mampu membangun kerjasama yang baik dengan pihak eksekutif yang telah dibentuk terlebih dahulu.

“Kami berharap eksekutif dan legislatif Bolmong Utara dapat menjalin kerja- sama yang baik, serta selalu bersatu dalam membangun daerah baru ini. Khusus kepada 20 anggota DPRD Bolmut yang baru diresmikan, saya mengucapkan selamat bertugas dan berkarya,” kata Makagansa mengutip sambutan gubernur.


Usai sambutan, Makagansa mewakili Gubernur Sulut juga melakukan penyematan pin secara simbolis kepada Karel Bangko yang mewakili anggota dewan pindahan dari Bol-mong, dan rekannya Vin Kapantouw sebagai anggota dewan baru dengan status pengisian.

Sementara itu, hal yang menarik bahwa beberapa saat usai peresmian, Sekwan DPRD Bolmut, Joubert Moningka juga turut membacakan surat keputusan tentang pengangkatan Karel Bangko sebagai Ketua Sementara Dekab Bolmut, dan Salim Bin Abdullah sebagai wakil sementara. 
Penunjukan Bangko sendiri dianggap wajar, karena memang dia adalah Ketua DPD PG Bolmut yang notabene merupakan parpol pemilik kursi terbanyak di Bolmong Utara. Tetapi lain lagi dengan Salim. Soalnya, ada yang menilai penunjukan kepada Ketua DPD PPP Bolmut ini di luar prediksi semula, yang memproyeksikan Christofel Popo Buhang, Ketua DPC PDIP Bolmut. 


Meski begitu, secara umum, proses peresmian Dekab Bol-mong Utara sekaligus pengesahan 20 legislator perdananya berjalan mulus dan meriah. Tak ada kendala yang berarti, bahkan usai acara, semua legislator berkumpul di rumah dinas Bupati Bolmut yang tak jauh dari kantor pemkab, untuk makan siang bersama.(tr-03/tus)

Sumber: http://www.hariankomentar.com/arsip/arsip_2007/nov_17/hl005.html

0 comments: