Buhang: Bolmut Memang Pengujian bagi PNS

Ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), Christofel Popo Buhang mengatakan, memang daerah otonom baru yang akan segera diresmikan itu adalah tempat pengujian bagi semua jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS), khususnya mereka yang berasal dari wilayah Pantura. 


Karena ketika daerah ini dimekarkan, maka sebagian PNS di Pemkab Bolmong akan dipindahkan ke sini.

“Saat itu, PNS akan diuji seberapa besar dukungan mereka terhadap tri matra pengabdian. Sedangkan khusus bagi yang berasal dari Pantura, sense of belonging mereka terhadap Bolmut akan benar-benar diuji, sebab harus diakui membangun Bolmut mulai dari nol itu bukan pekerjaan gampang,” tutur Popo.


Pria berkepala plontos dan sampai sekarang masih menajabat sebagai Ketua F-PDIP Dekab Bolmong ini, juga mencoba mengubah beberapa PNS asal Bolmut yang mulai menyarakan keengganan untuk dimutasi ke kampung sendiri.

“PNS itu sudah disumpah untuk siap ditempatkan di mana saja. Kalau-pun orang Bolmut sendiri enggan pulang kampung untuk membangun daerah kelahirannya, hanya karena alasan materi yang mengkhawatirkan pendapatan akan berkurang di daerah baru, maka itu merupakan sebuah pengingkaran terhadap asal-usul kita,” ucapnya mencoba menggugah, sembari berharap tidak satu pun PNS asal Bolmut yang enggan pulkam.


Diakui Popo juga, dia sudah didatangi sejumlah PNS asal Bolmut yang kini bertugas di daerah lain, seprti di Gorontalo, Poso dan Manado, yang intinya menyampaikan niat tulus mereka untuk bersama-sama membangun Bolmut ketika sudah resmi dimekarkan. Sedangkan mengenai banyaknya pejabat yang akan diplotkan untuk Bolmut, Popo membeber pihaknya akan menggunakan prinsip Hemat Struktur, Kaya Fungsi. So, untuk eselon dua saja hanya ada 14 dinas, empat kantor dan empat badan. 


“Sedangkan DPRD Bolmut, sudah diproyeksikan nanti akan memiliki 20 personel saja,” imbuhnya.(tus)

Sumber: http://www.hariankomentar.com/arsip/arsip_2006/apr_12/bolmg01.html

0 comments: